Kembali berjumpa dengan kami Administrasi-Guru. Kali ini kami bagikan contoh Program Supervisi Kepala Sekolah Lengkap untuk jenjang SD, MI, SMP, MTs, SMA, SMK dan MA dalam format Word yang bisa di Unduh Gratis.
Definisi Supervisi
Menurut keputusan Menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 0134/0/1977, termasuk kategori supervisor dalam pendidikan adalah kepala sekolah, penilik sekolah, dan para pengawas ditingkat kabupaten/kotamadya, serta staf di kantor bidang yang ada di tiap provinsi.
Salah satu tugas pengawas dengan perincian sebagai berikut : ”Mengendalikan pelaksanaan kurikulum meliputi isi, metode penyajian, penggunaan alat perlengkapan dan penilaian agar sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku.”
Pada rambu-rambu penilaian kinerja kepala sekolah (SD), Dirjen Dikdasmen Tahun 2000 sebagai berikut:
- Kemampuan menyusun program supervisi pendidikan
- Kemampuan melaksanakan program supervisi pendidikan
- Kemampuan memanfaatkan hasil supervise
Willes (1975), mengatakan di atas bertujuan untuk memelihara atau mengadakan perubahan operasional sekolah, dengan cara mempengaruhi tenaga pengajar secara langsung demi mempertinggi kegiatan belajar siswa. Supervisi hanya berhubungan langsung dengan guru, tetapi berkaitan dengan siswa dalam proses belajar.
Ross L.(1980), mendefinisikan bahwa supervisi adalah pelayanan kepada guru-guru yang bertujuan menghasilkan perbaikan pengajaran, pembelajaran dan kurikulum. Purwanto (1987), supervisi ialah suatu aktivitas pembinaan yang direncanakan untuk membantu para guru dan pegawai sekolah dalam melakukan pekerjaan secara efektif.
Sesuai dengan rumusan di atas maka kegiatan yang dapat disimpulkan dalam supervisi pembelajaran sebagai berikut:
- Membangkitkan dan merangsang semangat guru-guru menjalankan tugasnya terutama dalam pembelajaran.
- Mengembangkan kegiatan belajar mengajar.
- Upaya pembinaan dalam pembelajaran.
Prinsip Supervisi
- Supervisi harus konstruktif.
- Supervisi harus menolong guru agar senantiasa tumbuh sendiri tidak tergantung pada kepala sekolah. .
- Supervisi harus realistis.
- Supervisi tidak usah muluk-muluk dan didasarkan pada kenyataan yang sebenarnya pada guru-guru.
- Supervisi harus demokrat.
- Hakikat pengembangan mutu sekolah adalah usaha bersama berdasarkan musyawarah.
- Supervisi harus obyektif.
- Kegiatan tidak boleh diwarnai oleh prasangka kepala sekolah, diperlukan data konkret tentang keadaan sebenarnya dan kepala sekolah juga harus mengakui keterbatasannya.
Jenis-Jenis Supervisi
Beberapa jenis supervisi antara lain observasi kelas, saling kunjung, demonstrasi mengajar, supervisi klinis, kaji tindak (action research).
Adapun Perangkat Supervisi yang tersedia dalam file yang kami bagikan diantaranya ;a. Persiapan dan apersepsi.
b. Relevansi materi dengan tujuan instruksional.
c. Penguasaan materi.
d. Strategi.
e. Metode.
f. Manajemen kelas.
g. Pemberian motivasi kepada siswa.
h. Nada dan suara.
i. Penggunaan bahasa.
j. Gaya dan sikap perilaku.
Program Supervisi disusun sebagai alat kontrol pelaksanaan program-pragram sekolah yang lain yaitu sebagai pengingat dan sekaligus pengarah roda pengeloalaan administrasi di dalam sekolah.
Dengan pelaksanaan supervisi dalam segala aspek dan sektor niscaya kendala dan hambatan dalam pengelolaan sekolah terutama yang berkaitan langsung maupun tidak dengan peserta didik akan dapat tertangani secara baik dan lancar.
Untuk yang masih penasaran dengan file yang dibagikan kali ini, silahkan dilihat saja dahulu previewnya dibawah ini :
Program Supervisi Kepala Sekolah Lengkap
Silahkan bagi Bapak/ Ibu yang membutuhkan file yang kami bagikan, sudah disediakan melalui tautan link berikut ini :
Program Supervisi Kepala Sekolah Lengkap Unduh