Thursday, October 17, 2019

ADART Komite Sekolah Format Word

ADART Komite Sekolah Format Word

ADART (Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga) Komite Sekolah 

Bahwa untuk mencapai tujuan pendidikan nasional melalui upaya peningkatan mutu, efisiensi penyelenggaraan, pemerataan, dan demokrasi pendidikan diperlukan adanya dukungan masyarakat yang lebih optimal. Untuk mewujudkan tujuan tersebut Kepala Sekolah …….. memfasilitasi pembentukan Komite Sekolah yang kemudian dikukuhkan dengan Surat Keputusan Kepala Cabang dinas Nomor : …………………………..

Komite Sekolah diharapkan dapat mewadahi dan menyalurkan aspirasi masyarakat dalam melahirkan kebijakan pendidikan dan program pendidikan. Kemudian untuk itu diperlukan adanya upaya meningkatkan tanggung jawab dan peran serta masyarakat dalam menciptakan kondisi transparansi, akuntable, dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu.

Untuk mewujudkan hal tersebut di atas perlu menumbuhkembangkan dukungan, aspirasi dan peran serta masyarakat peduli pendidikan yang diwadahi oleh Komite Sekolah. Dalam hal ini perlu dibuat suatu rumusan konstitusional yang diharapkan mampu mendinamissasikan seluruh peran dan fungsi Komite Sekolah, oleh karena itu maka disusunlah Anggaran dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Komite Sekolah ……………. sebagai bahan acuan bagi seluruh anggota Komite Sekolah dalam proses berorganisasi.

Tujuan dibentuknya Komite Sekolah

Komite Sekolah bertujuan :
  1. Mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan.
  2. Meningkatkan tanggung jawab dan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan.
  3. Menciptakan suasana dan kondisi transparansi, akuntable, dan demokrasi dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu.
Peran Komite Sekolah

Adapun Peran Komite untuk sekolah diantranya :
  1. Pemberi pertimbangan (Advisory Agency) dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan.
  2. Pendukung (Supporting Agency) baik yang berwujud financial, pemikiran, maupun tenaga dalam penyelenggaraan pendidikan.
  3. Pengontrol (Controlling Agency) dalam rangka transporansi dan akuntabilitas penyelenggaraan dan keluaran pendidikan.
  4. Mediator antara pemerintah dan masyarakat.
Fungsi Komite Sekolah

Adapun yang menjadi fungsi Pembentukan Komite Sekolah

(1) Memberikan masukan, pertimbangan, rekomendasi kepada satuan pendidikan mengenai :
  1. Kebijakan dan program pendidikan;
  2. Rencana Anggaran Pendidikan dan Belanja Sekolah (RAPBS);
  3. Kriteria kinerja satuan pendidikan;
  4. Kriteria tenaga kependidikan;
  5. Kriteria fasilitas pendidikan dan;
  6. Hal-hal lain yang berkaitan dengan pendidikan.
(2) Mendorong tumbuhnya perhatian, komitmen, dan peran serta masyarakat dalam berbagai bentuk untuk mendukung terselenggaranya pendidikan yang bermutu dan pemerataan pendidikan.

(3) Melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap kebijakan, program, penyelenggaraan, dan keluaran pendidikan.

(4) Melakukan kerja sama dengan masyarakat dan pemerintah berkenaan dengan penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu.

Itulah sekilas beberapa point yang ada didalam AD ART Komite Sekolah, lebih lengkap dan jelasnya lagi bisa download langsung filenya melalui link dibawah ini :
Download ADART Komite Sekolah Format Word
*) Bagi anda yang belum mengetahui Cara Download di Administrasi Guru silahkan KLIK DISINI

Itulah kiranya berbagi Informasi dan file mengenai ADART Komite Sekolah dalam Format Word yang bisa kami tulis. Semoga bisa membantu dan bermanfaat.
Sumber : http://wikipediapendidikan.blogspot.com/

Administrasi Guru lainnya