Saturday, July 13, 2019

RPP IPA K13 Kelas 8 Revisi 2019

Berikut ini kami bagikan RPP IPA K13 Kelas 8 Revisi 2019 dalam format microsoft Office Word yang bisa di Download secara Gratis dan lengkap sebagai salah satu persiapan menjelang tahun pelajaran baru 2019/2020 juga melengkapi perangkat pembelajaran/ Administrasi Guru IPA di SMP/MTs/ SMPLB dimanapun berada.

RPP IPA Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2019 yang dibagikan kali ini tentu sudah dilengkapi dengan perubahan revisi terbaru yang dilengkapi dengan adanya Intergrasi PPK, Literasi, 4C, dan HOTS yang menjadi point penting dalam perubahan tersebut.

Mengapa kami sebut dengan Revisi 2019, karena semua file sudah dirapihkan disesuaikan setiap pertemuannya dengan Buku Teks Pelajaran IPA Kelas VII Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Sebelum dilanjutkan simak dahulu Pengertian dari RPP? Pengertian dari Intergrasi PPK? Pengertian dari Gerakan Literasi? Pengertian dari 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation)? Pengertian dari HOTs (Higher Order of Thinking Skill)?

RPP IPA K13 Kelas 8 Revisi 2019

RPP IPA Kurikulum 2013 Kelas 8 Revisi 2019

Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran / RPP adalah rencana kegiatan Teknis pembelajaran tatap muka antara pengajar dengan anak didik untuk satu pertemuan atau lebih.RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar Siswa Siswi SMP guna meningkatkan daya pikir, kreatifitas, kreasi ssesuai dengan keadaan fisi dan sikologis masing masing anak didik dengan cara memaksimalkan progam RPP ini.

Mengintegrasikan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter)

Dalam Perbaikan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) didalam pembelajaran untuk Kurikulum 2013 Revisi 2017 haruslah diperkuat lagi terutama untuk 5 Karekter yaitu : Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong, dan Integritas.

Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter yang sudah dilaksanakan sampai sekarang.

Dalam hubungan ini pengintegrasian dapat berupa :
  • Pemaduan kegiatan kelas,
  • Luar kelas di sekolah, dan
  • Luar sekolah (masyarakat/komunitas);
  • Pemaduan kegiatan intrakurikuler,
  • Kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
  • Pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;
  • Perdalaman dan Perluasan dapat berupa
  • Penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa,
  • Penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan
  • Pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah atau luar sekolah; kemudian
  • Penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.
Pengertian Gerakan Literasi Sekolah (GLS)

Pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara.

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi dapat dijabarkan menjadi :
  • Literasi Dasar (Basic Literacy),
  • Literasi Perpustakaan (Library Literacy),
  • Literasi Media (Media Literacy),
  • Literasi Teknologi (Technology Literacy),
  • Literasi Visual (Visual Literacy).
4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation)

Dimana keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C. Sebenarnya kata ini tidak terlalu baru untuk kita.

Di berbagai kesempatan, kita sudah sering mendengar beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.

Pengertian Higher Order of Thinking Skill (HOTS)

Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan.

Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi meruapakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.

Sehingga di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang kita buat agar muncul empat macam hal tersebut (PPK, Literasi, 4C, dan HOTS) maka perlu kreatifitas guru dalam meramunya. Maka tidak mungkin lagi menggunakan model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun kita perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (Active Learning). Khusus untuk PPK merupakan program yang rencananya akan disesuaikan dengan 5 hari belajar atau 8 jam sehari sedangkan untuk 2 hari merupakan pendidikan keluarga.

Download RPP K13 IPA Kelas 8 Revisi 2019

Itulah kiranya pengertian dan penjabaran mengenai PPK, Literasi, 4C, dan HOTS yang memang menjadi perubahan didalam RPP Kurikulum 2013 Revisi 2019. Bagi yang membutuhkan yang kami bagikan kali ini khusus untuk Guru IPA Kelas VIII bisa dengan mudah didapatkan melalui tautan link dibawah ini :

RPP K13 IPA Kelas 8 Revisi 2019 Semester 1
      RPP K13 IPA Kelas 8 Revisi 2019 Semester 2
          Selain RPP, kami juga bagikan Silabus, Prota, Promes, KKM dan KI-KD IPA Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2019 supaya lengkap yang bisa di Download melalui link dibawah ini :

          Link Download Silabus IPA K13 Kelas 8 DISINI

          Link Download ProtaIPA Kelas 8 K13 Tahun Pelajaran 2019 DISINI

          Link Download Promes IPA Kelas 8 K13 Semester 1 dan 2 DISINI

          Link Download KI-KD IPA Kelas 8 SMP/MTs K13 Revisi Baru 2019 DISINI
          Dapatkan Juga Perangkat Pembelajaran Lainnya dibawah ini :

          RPP K13 PPKn Kelas 7 Revisi 2019 Kunjungi

          RPP PPKn K13 Kelas 8 Revisi 2019 Kunjungi

          RPP IPS K13 Kelas 8 Revisi 2019 Kunjungi

          RPP IPS K13 Kelas 8 Revisi 2019 Kunjungi

          RPP Matematika Kurikulum 2013 Kelas 7 Revisi 2019 Kunjungi

          RPP Matematika Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2019 Kunjungi

          RPP IPA Kurikulum 2013 Kelas 8 Revisi 2019 Kunjungi

          RPP IPA Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2019 Kunjungi

          RPP K13 Bahasa Inggris Kelas 8 Revisi Kunjungi

          RPP Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi Kunjungi

          RPP  Prakarya Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2019 Kunjungi

          RPP Prakarya Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2019 Kunjungi

          RPP Bahasa Indonesia Kelas 8 K13 Revisi Kunjungi

          RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 K13 Revisi Kunjungi

          RPP PAI dan Budi Pekerti Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2019 Kunjungi

          RPP PAI dan Budi Pekerti Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2019 Kunjungi

          RPP  Penjaskes Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2019 Kunjungi

          RPP Penjaskes Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2019 Kunjungi

          RPP SBdP Kelas 7 K13 Revisi 2019 KUNJUNGI

          RPP SBdP Kelas 8 K13 Revisi 2019 KUNJUNGI

          Administrasi Guru lainnya